Tim WHO yang Selidiki Covid-19 di Wuhan Sebut Sudah Temukan Bukti Bagaimana Awal Pandemi Terjadi

Tim ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal usul virus corona di Wuhan telah diberi akses tidak terbatas dalam upaya mereka untuk menemukan bagaimana pandemi dimulai. Tim yang mencoba mencari tahu penyebab virus corona yang telah menewaskan lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia dalam 12 bulan terakhir akan melaporkan temuannya akhir pekan ini. Dilansir , ahli zoologi Inggris Peter Daszak mengatakan kepada CNN bahwa tim penyelidiknya telah menyerahkan daftar tempat untuk dikunjungi dan orang untuk diajak bicara.

Mereka juga tidak mendapat tentangan dari pihak berwenang China. Ia menambahkan bahwa bukti telah ditemukan tentang asal usul virus dan kini bukti itu sedang "disatukan". Ia berkata, "Kami tidak menjadi nakal di sini, kami berbicara dengan tuan rumah kami."

"Kami berada di negara asing, kami adalah tamu China sekarang." "Ini adalah pendekatan ilmiah yang kolaboratif dan bagus untuk memahami lebih banyak tentang asal usul Covid." Ketika ditanya apakah mungkin virus itu direkayasa dari dalam laboratorium Institut Virologi Wuhan, Daszak menjawab, "Tidak ada bukti sama sekali."

"Tetapi itu adalah sesuatu yang kami bicarakan dengan orang orang di laboratorium Wuhan." "Kami mendapatkan jawaban yang sangat bagus dan jujur dan terus terang, informatif, karena mereka sendirilah yang mengemukakan hal ini." "Konspirasi seputar kebocoran lab yang mereka rasa sangat tidak berdasar."

"Apa yang kami coba lakukan sekarang adalah tetap berpikiran terbuka untuk setiap kemungkinan." "Senang rasanya melihat lab dan Anda mengonfirmasi kecurigaan Anda." "Ini adalah lab yang dibangun dengan sangat baik, dirancang dengan baik, dan dikelola dengan baik."

Diharapkan penyelidikan WHO akan menjelaskan asal usul Covid dan bagaimana virus itu, yang diyakini bermula di pasar basah di Wuhan, sampai menghancurkan dunia selama 12 bulan terakhir. Daszak menambahkan, "Kami masih mengumpulkan bukti, jadi kami melihat bukti hewan, apa yang dijual di pasar dan dari mana asalnya, jenis hewan apa itu." Tim Daszak sekarang telah selesai mengunjungi situs yang ingin dilihatnya dan akan menghabiskan beberapa hari ke depan untuk menelusuri data dan berkonsultasi dengan pakar China.

Nantinya akan ada ringkasan temuan pada jumpa pers sebelum mereka meninggalkan kota pada hari Rabu. Area yang diperiksa oleh para ahli WHO adalah kasus pertama, hubungan dengan hewan dan teori yang tidak terbukti bahwa virus dibawa ke China dalam kemasan dari makanan beku impor. Sementara itu, Dr David Nabarro mengatakan penyelidikan WHO tentang bagaimana pandemi dimulai mendapatkan "kerja sama teladan" dari otoritas China.

Ia mengatakan kepada Sky News: "Semua situs yang ingin dikunjungi orang WHO sedang dikunjungi, ada keterbukaan untuk semua jenis komunikasi terjadi. "Tapi ini baru hari hari awal, ini pekerjaan detektif." "Kami mengantisipasi itu akan memakan waktu lebih lama."

Ditanya apakah dia bisa mengesampingkan teori bahwa virus bocor dari laboratorium di Wuhan, Nabarro berkata, "Hal tentang teori adalah Anda harus memilikinya sebagai cara untuk menentukan alasan mengapa hal hal mungkin itu terjadi dengan cara tertentu." "Saya tidak bisa mengesampingkan apa pun dan saya tahu tim saat itu juga." "Serta mereka yang berbicara di China, mereka juga tidak mengesampingkan apa pun."

"Semua opsi ada di atas meja dan semuanya akan dilihat." China selalu membantah keras kemungkinan kebocoran dari laboratorium. Hal itu telah memunculkan teori yang tidak terbukti bahwa virus itu mungkin berasal dari tempat lain sebelum dibawa ke Wuhan, termasuk pada kemasan makanan beku impor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.