3 Tips Merawat Mesin Mobil Avanza Agar Selalu Prima

Mobil sejuta umat yang laris di pasaran Indonesia apa lagi kalau bukan Toyota Avanza. Tentu sudah tepat apabila Anda ingin membeli mobil untuk keluarga. Terlebih saat ini pembeliannya juga tersedia secara cash maupun kredit Avanza. Akan tetapi, jangan lewatkan beberapa tips merawat mesinnya terlebih dahulu.

Berbagai Tips Merawat Mesin Mobil Avanza

Ada banyak tips yang perlu Anda ketahui untuk merawat mesin mobil Toyota Avanza. Kendaraan ini memang cukup melekat di hati masyarakat tanah air karena termasuk jenis kendaraan yang akrab dijumpai di jalanan. Oleh karena itu, simak beberapa tips selengkapnya berikut:

  1. Rutin Ganti Oli

Tips merawat mesin Avanza yang pertama tidak lain yakni dengan rutin mengganti oli. Tindakan ini sangat penting untuk memelihara kinerja mesin agar tetap prima. Sayangnya, beberapa orang mungkin masih abai mengenai hal tersebut dan menganggapnya sebelah mata.

Padahal, proses penggantian oli mesin secara rutin tersebut mampu menjadikan semua bagian mesin yang bergerak dapat terlumasi dengan optimal. Dengan begitu, sangat mudah bagi Anda untuk meminimalisir risiko aus pada kendaraan.

  1. Cek Sistem Pendingin

Anda juga perlu mengecek sistem pendingin mesin secara berkala. Walaupun sekarang ini telah hadir teknologi efisiensi mesin mobil, akan tetapi masih banyak energi hilang ketika proses pembakaran dalam bentuk panas. Oleh sebab itu, pastikan ada cairan yang cukup di dalam mesin pendingin.

Cairan tersebut sangat penting agar pembuangan panas dapat dilakukan dengan efektif. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengecek pengukur suhu mesin di hari yang panas dan cerah. Kemudian pastikan mematikan kendaraan apabila mendekati panas berlebih.

  1. Hindari Volume BBM Rendah

Terakhir, Anda juga perlu menghindari penggunaan volume BBM yang rendah secara terus-menerus. Adapun cara merawat mesin mobil ini adalah selalu memastikan bahan bakar cukup selama berkendara. Pasalnya, bensin mengandung sedimen yang mengendap di bagian bawah tangkinya.

Apabila Anda berkendara selama bertahun-tahun, pastinya akan selalu ada lapisan kotoran yang seharusnya bagian ini tidak mencapai mesin. Tidak heran jika memaksa kendaraan melaju dalam keadaan volume BBM rendah hanya akan menyebabkan keausan.

Itu tadi beberapa tips yang wajib Anda ketahui untuk merawat mobil Avanza. Anda bisa membelinya dengan harga Avanza terjangkau di dealer terpercaya. Pastinya dengan memahami beberapa tips di atas akan menjadikan performa kendaraan selalu prima.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *